Minggu, 06 Januari 2013

Geografi dan Geologi Dakota Selatan

South Dakota terletak di utara-tengah Amerika Serikat, dan dianggap sebagai bagian dari Midwest oleh Biro Sensus Amerika Serikat, itu juga bagian dari wilayah Great Plains. Budaya, ekonomi, dan geografi barat South Dakota memiliki lebih banyak kesamaan dengan Barat daripada Midwest. South Dakota memiliki luas lahan total 77.121 mil persegi (199.740 km2), membuat negara terbesar ke-17 di Uni.

Harney Peak, dengan ketinggian 7.242 kaki (2.207 m), adalah titik negara tertinggi, sedangkan garis pantai Big Stone Lake adalah yang terendah, dengan ketinggian 966 ft (294 m) South Dakota. Berbatasan dengan utara dengan North Dakota, di selatan oleh Nebraska, ke timur oleh Iowa dan Minnesota, dan ke barat dengan Wyoming dan Montana. Pusat geografis dari AS adalah 17 mil (27 km) barat dari Castle Rock di Butte County. Amerika Utara benua kutub dapat diaksesnya terletak antara Allen dan Kyle, 1.024 mil (1.648 km) dari garis pantai terdekat.

Sungai Missouri adalah sungai terbesar dan terpanjang di negara bagian. Utama lainnya South Dakota sungai termasuk Cheyenne, James, Big Sioux, dan Sungai Putih. Timur South Dakota memiliki danau alami banyak, sebagian besar diciptakan oleh periode glaciation. Selain itu, bendungan di Sungai Missouri menciptakan empat waduk besar:. Lake Oahe, Danau Sharpe, Danau Kasus Francis, dan Lewis dan Clark Danau.

South Dakota pada umumnya dapat dibagi menjadi tiga wilayah:. Timur South Dakota, South Dakota Barat, dan Black Hills. Sungai Missouri berfungsi sebagai batas dalam hal perbedaan geografis, sosial, dan politik antara timur dan barat South Dakota, dan geografi Black Hills berbeda dari lingkungannya sedemikian rupa sehingga dapat dianggap terpisah dari sisa barat South Dakota. Dakotans selatan juga kadang-kadang menggabungkan Black Hills dengan sisa barat South Dakota, dan merujuk pada dua wilayah yang dihasilkan, dibagi oleh Missouri, sebagai West River dan East River.

Timur South Dakota umumnya memiliki curah hujan tinggi dan topografi lebih rendah dari bagian barat negara. Wilayah geografis yang lebih kecil dari daerah ini termasuk Coteau Prairies des, yang dibedah Hingga Plains, dan James River Valley. The Coteau des Prairies adalah sebuah dataran tinggi di sebelah timur berbatasan dengan Sungai Minnesota Valley dan di sebelah barat oleh James River Basin. Lebih jauh ke barat, James River Basin sebagian besar rendah, datar, tanah yang sangat terkikis, mengikuti aliran Sungai James melalui South Dakota dari utara ke selatan. dibedah Hingga Plains, daerah perbukitan dan tanah subur yang meliputi banyak Iowa dan Nebraska, juga meluas ke sudut tenggara South Dakota. Lapisan diendapkan selama zaman Pleistosen, mulai sekitar dua juta tahun yang lalu, menutupi sebagian besar Timur South Dakota. Ini adalah batu termuda dan lapisan sedimen di negara bagian, dan merupakan produk dari periode berturut beberapa glaciation yang disimpan besar jumlah batu dan tanah, yang dikenal sebagai sampai, atas wilayah tersebut.

The Great Plains menutupi sebagian besar Barat dua-pertiga dari South Dakota. Barat Sungai Missouri lanskap menjadi lebih kering dan kasar, yang terdiri dari perbukitan, dataran, jurang, dan curam datar atasnya bukit yang disebut buttes. Di selatan, timur dari Black Hills, berbohong Selatan Badlands Dakota. Erosi dari Black Hills, kerangka laut yang jatuh ke dasar laut dangkal yang besar yang pada awalnya menutupi daerah dan material vulkanik semua berkontribusi terhadap geologi daerah ini.

Black Hills berada di bagian barat daya dari South Dakota dan memperpanjang ke Wyoming. Rentang pegunungan rendah mencakup 6.000 sq mi (16.000 km2) dengan puncak yang meningkat dari 2.000 sampai 4.000 kaki (600 sampai 1.200 m) di atas pangkalan mereka. Black Hills adalah lokasi Harney Peak (7.242 ft atau 2.207 m di atas permukaan laut), titik tertinggi di South Dakota dan juga titik tertinggi di Amerika Serikat timur Pegunungan Rocky. Dua miliar tahun Prakambrium formasi, batu tertua di negara bagian, membentuk inti pusat dari Black Hills. Formasi dari bentuk Era Paleozoic cincin luar dari Black Hills,. ini diciptakan antara sekitar 540 dan 250 juta tahun yang lalu. Daerah ini memiliki batu seperti batu gamping yang disimpan di sini ketika daerah membentuk garis pantai dari laut pedalaman kuno.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar