Minggu, 06 Januari 2013

Negara Bagian Dakota Selatan

South Dakota adalah sebuah negara yang terletak di wilayah Midwestern dari Amerika Serikat. Hal ini dinamai setelah Lakota Sioux dan Dakota American Indian suku. South Dakota adalah yang paling luas 17, tapi setidaknya 5th terpadat dan paling padat penduduknya ke-5 dari 50 Amerika Serikat. Setelah bagian selatan Wilayah Dakota, South Dakota menjadi negara pada tanggal 2 November 1889. Pierre adalah ibukota negara dan Sioux Falls, dengan populasi 159.000, adalah kota terbesar South Dakota.

South Dakota berbatasan dengan negara bagian North Dakota, Minnesota, Iowa, Nebraska, Wyoming, dan Montana. Negara adalah membagi oleh Sungai Missouri, membagi South Dakota menjadi dua bagian yang berbeda secara geografis dan sosial, diketahui warga sebagai "East River" dan "West River" Timur South Dakota adalah rumah bagi sebagian besar penduduk negara, dan. tanah yang subur di daerah ini digunakan untuk menanam berbagai tanaman. Barat Missouri, peternakan adalah kegiatan pertanian dominan, dan ekonomi yang lebih tergantung pada pariwisata dan belanja pertahanan. Black Hills, sekelompok rendah pinus pegunungan yang tertutup, terletak di bagian barat daya negara. Black Hills yang suci bagi Sioux. Gunung Rushmore, tujuan wisata utama, terletak di sana. Atraksi lainnya di barat daya meliputi Badlands dan Wind Cave taman nasional, Custer State Park, Memorial Crazy Horse, dan Deadwood bersejarah. South Dakota mengalami iklim benua sedang, dengan empat musim yang berbeda dan curah hujan mulai dari moderat di timur ke semi-kering di barat. Ekologi negara fitur spesies khas dari bioma padang rumput Amerika Utara.

Manusia telah dihuni daerah untuk beberapa ribu, dengan Sioux menjadi dominan dengan awal abad 19. Pada akhir abad 19, Eropa-Amerika penyelesaian diintensifkan setelah demam emas di Black Hills dan pembangunan rel kereta api dari timur. Penambang melanggar dan pemukim menyebabkan konflik yang memicu sejumlah perang India, berakhir dengan Pembantaian Wounded Knee pada tahun 1890. Peristiwa penting di abad ke-20 termasuk Dust Bowl dan Depresi Besar, peningkatan pengeluaran pemerintah federal selama 1940-an dan 50-an untuk pertanian dan pertahanan, dan industrialisasi pertanian yang telah jauh berkurang pertanian keluarga.

Sementara beberapa senator Demokrat telah mewakili South Dakota untuk beberapa istilah di tingkat federal, pemerintah negara bagian sebagian besar didominasi oleh Partai Republik, yang telah membawa nominasi South Dakota di setiap dua belas pemilihan presiden terbaru. Secara historis didominasi oleh ekonomi pertanian dan gaya hidup pedesaan, South Dakota baru-baru ini berusaha untuk diversifikasi ekonomi di daerah, termasuk penelitian biomedis dan bahan bakar energi alternatif, untuk menarik dan mempertahankan penduduk. Sejarah South Dakota dan karakter pedesaan masih sangat mempengaruhi budaya negara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar